Senin, 19 Juli 2010

Tak Pernah Menyerah Menggapai Cita #1

Bismillahirrahmaanirrahiim..
Alhamdulillah, dari tanggal 14-16 juli saya diizinkan Allah untuk mengikuti patlabor camp 2010. Awalnya enggan karena teman-teman yang saya ajak tidak bisa hadir karena lain dan suatu hal. Enggan karena saya tahu walaupun itu acara untuk umum, tapi kebanyakan peserta berasal dari sekolah-sekolah tertentu. Walaupun begitu, akhirnya saya tetapkan hati untuk tetap datang meski sendiri, berharap mendapatkan ilmu, pengalaman , dan teman-teman baru. Segala puji bagi Allah, saya mendapatkan itu.
Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa sih patlabor camp itu? Saya juga sempat buta mengenai acara ini. Sedikit saja mengenai patlabor camp..
Patlabor camp itu singkatan; Preparatory For Leader Before Campus.
Keren, ya? Dari singkatannya juga kita bisa tahu acara ini dibuat untuk para fresh graduate, siswa-siswi yang baru lulus SMA dan sedang mempersiapkan diri menuju perkuliahan. Juga untuk kita yang sedang menunggu hasil SNMPTN agar lebih siap menerima, apapun itu hasilnya. Ternyata acaranya juga memang keren. Subhanallah keren. b^^d

 ~hari 1, 14 juli 2010
Sekitar pukul 07.30, saya berangkat dari rumah menuju Masjid Al-Kautsar yang berlokasi di Sumbawa. Panitia menginformasikan bahwa para peserta berkumpul di sana pukul 08.00. Setibanya di sana, benar saja. Banyak muka-muka asing yang saya temui. Walau tidak sedikit juga yang sudah saya kenal. Setelah absen, kami (peserta) diinstruksikan untuk berbaris. Saya mulai bertanya-tanya, dimana transportasinya ya? Acaranya akan dilaksanakan di Wisma UNISBA di Ciburial katanya, jaraknya cukup jauh dari Al-Kautsar. Tapi tidak ada bus, angkot-angkot, atau mobil-mobil yang menunggu penumpang.
Ternyata.. kami menuju ke wisma melalui Amazing Race! Jadi para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, sekitar 10 orang setiap kelompoknya. Tanpa ditemani panitia kami diharuskan pergi ke tempat yang dituju sendiri. Panitia hanya memberikan petunjuk-petunjuk kemana saja kita harus pergi.
Saya dikelompokkan di kelompok 1. UNO. Fitri, Manda, Vina, Ciput, Dayeun, Windi, Sisil, Fitri, sama Mia. (who’s the best? UNO! UNO! UNO!) ^^
Petunjuk pertama, ‘Institut Pangeran Charles’. Ketua kelompok, Fitri, langsung menyebutkan, “TBI ini mah, TBI di depan SMP 5.” Kami pun langsung menuju ke sana. Benar. Di sana sudah menunggu teteh-teteh panitia. Kami pun memperkenalkan diri, lalu menunjukkan yel-yel kami. Setelah itu, teteh memberikan petunjuk berikutnya. Ternyata, pos ini hanya pos bayangan. Pfuh! –Semangat!!!!
Amplop yang berisi petunjuk pun dibuka. Ada beberapa lembar kertas. Ada yang bertuliskan kode-kode kotak dan titik (kode pramuka sepertinya, saya baru ngerti pas temen-temen berusaha memecahkannya. Hhe), kertas soal matematika (banyak logaritma. T.T), dan aturan cara memecahkan soal dan kode-kode itu. Setengah jam berlalu.. kami belum bisa memecahkannya. Mulai bengong, bingung.. lalu ada yang mulai bisa memecahkan kode. ‘Gajah2’. Itu kata pertama. “Gajah..berarti antara GO  atau ITB.” Sisil dan Fitri pun menuju GO, untuk mengecek apakah di sana ada panitia yang sedang menunggu pos. Suasana kelompok mulai bete gitu. Digangguin sama emang-emang yang jualan soto pula. ==a
Sejam kemudian.. panitia datang. “Maaf, ada ralat.” Wah, pada nasteung itu mah, karena akangnya asa telat ngasih tahunya. Kita udah setengah jalan, baru dikasih ralat. (sabar..sabar..) Sisil dan Fitri pun kembali dari GO Sumatera. “Ngga. Ngga ada panitia.”
Dengan ada ralat, temen-temen bisa menemukan kata kedua, ‘berteduh’. Huruf-huruf selanjutnya penuh dengan konsonan, ngga bisa dipecahkan. Akhirnya kami memutuskan untuk pergi menuju ITB karena kita terlalu lama di pos bayangan.
Di ITB, kita baru sadar, di gerbang ITB ngga ada patung gajah. Karena itu kemudian ada yang masuk ke dalam, siapa tahu ada panitia. Yang lain bengong di luar.. (aku juga. :D)
Akhirnya, salah satu panitia pun datang, memberitahu kepada kita bahwa kita sudah dekat dengan pos 1. Gajah..berteduh.. berteduh di pohon.. pohon?! Taman! Taman Ganesha ternyata maksud para panitia. Kita pun langsung menuju ke sana (tinggal nyebrang tea. ^^) Alhamdulillah kita sampai di pos 1. Games nya mengajak anggota kelompok untuk bisa kerja sama untuk menyamakan tujuan. Juga supaya bisa telepati. ;p harusnya kita bisa berhasil dalam games itu. Tapi hanya karena beda sedikit sekali, jadi kurang berhasil. Tapi, kita disini ngga nyari kemenangan. :) Petunjuk untuk pos berikutnya adalah ‘temukan dimana badak putih berada’.
Selesai games, sholat dzuhur, makan bersama..
Petunjuknya mudah dipecahkan; Balai kota.
Singkatnya, kita sampai di sana. Ternyata masih ada kelompok lain yang belum menyelesaikan pos. Oia, sebelumnya, kita pun ditugaskan untuk mewawancara mahasiswa. Wawancaranya mengenai pengalaman kuliah mereka. Seru, deh!
Kembali ke pos kedua.. karena kelompok 3/2 (lupa :D) masih belum selesai, kita pun harus menunggu. Sebagian temen-temen ada yang malah main bola sama anak SD. Hehehe. Bodor bodor!! 2 lawan 6! Akhirnya menang 3-2. Ckckckck..
Di pos 2, kami sharing tentang hasil wawancara kami. Dunia kuliah ternyata sangat berbeda dengan saat kita masih SMA. Kita dituntut untuk lebih bertanggung jawab pada diri sendiri, karena semuanya kita yang menentukan sendiri. Mata kuliah kita pilih sendiri, dosen kita pilih sendiri, kita mau datang kuliah atau tidak pun kita tentukan sendiri karena dosen tidak mau tahu mengenai kita. Walaupun memang ada yang peduli, itu hanya sedikit. Selain itu, teman-teman kuliah nanti akan sangat heterogen, baik secara budaya, agama, idealisme, suku, sifat, dsb. Jadi kita harus bisa beradaptasi dengan keadaan seperti itu.
Setelah sharing, ada games loncat tali. Kita semua harus bisa melewati tali itu, bagaimanapun caranya. Karena ngga semuanya bisa, akhirnya sampai ada yang digendong dan menggendong, rela diinjek punggungnya (subhanallah), pokoknya sampai kita semua bisa melewati tali. Alhamdulillah, kita ngga butuh waktu lama. Kekompakan sangat dibutuhkan dalam game ini. Kreatif juga dibutuhkan karena kalau kita ngga nyari banyak cara untuk melewati tali, mungkin kita ngga akan berhasil.
Next clue, ‘bebaskan lambang negara dari markas power ranger’ ; monumen perjuangan rakyat @ dipatiukur.
Btw, kita kelompok paling santai lho.. panitia sering sms-in ketua kelompok, “kawan, dimana? Ada masalah?” hehe. Mungkin karena khawatir kita tersesat.
Sekitar pukul setengah 3 kita sampai di monumen. Karena waktu sudah mepet, tanpa basa basi kita langsung games di pos ini. Sama seperti pos-pos lain, games ini menuntut kita untuk kompak dan bisa saling menyemangati anggota lain. Pos ini pos terakhir. (Yeah! Kita berhasil) Teteh yang jaga pos ini pun menyuruh kita untuk berangkat ke terminal Dago. Tapi kita shalat ashar dulu di Unpad dan mengumpulkan hasil wawancara kita di satu buku catatan. Jadi panitia pun kembali sms sms sms, menanyakan posisi kita.. ;p
@wisma UNISBA Ciburial
Kita diberi waktu untuk bebersih dan istirahat. Kelompok 1 kedatangan Sabeu sama Dayang. Mereka ngga sempet ikut Amazing Race-nya.
Setelah itu pembukaan Patlabor Camp. Ada yang menarik dengan pembukaan ini. Kami semua, peserta, berbaris lalu ditutup matanya. Dengan saling berpegangan pundak, kita pun berjalan. Pelan-pelan, menurun, menanjak, lalu turun tangga. Kami saling memberitahu bila di depan nanti ada rintangan. Hikmahnya, nanti setelah kita sudah menjadi mahasiswa, walaupun kita masih buta dengan perkuliahan nanti, ingatlah bahwa kita punya teman untuk saling berbagi informasi.
Shalat maghrib, shalat isya..
Setelah itu, ada materi dari K’Arif, mahasiswa SF ITB yang subhanallah..keren sekali prestasinya. Beliau mengemukakan bahwa kesuksesan itu berasal dari tiga hal, MIMPI, KETULUSAN, dan CITRA (NILAI). Kita harus memiliki visi untuk melakukan sesuatu bagi orang lain. Nilai. Itulah yang akan menjadikan hidup kita lebih berarti. Kunci sukses adalah KEJUJURAN, KETERAMPILAN, dan KAWAN. Dengan ketiga hal itu, kita akan dicintai oleh orang lain, tidak akan pernah miskin dan tidak akan pernah merasa sendiri. Insya Allah. (b^^d)
Anyway, that’s the last for 1st day. Kind of tired, but it’s interesting, unforgettable, and inspiring. Alhamdulillah..
To be continued.. ;)

6 komentar:

QWERTY mengatakan...

Really nice utterance sis!
XD

QWERTY mengatakan...

Really nice utterance sis!

Anonim mengatakan...

acara keren ya :D
jadi ingin ikut

lathifa nur mengatakan...

@QWERTY: thanks! ^^

@diphtegh: yah, udah selesai acaranya diva.. heuheu. maaf g ngajak.. :D

Anonim mengatakan...

hha. iya gpp.
ntar kalo ada acara yg menarik. kasih tau ya :D

Kartika Trianita mengatakan...

b^^d

dtunggu klanjutannya,,
;)