Jumat, 26 Desember 2008

KONSEP DASAR FISIKA : Mekanika dan gerakan.

Speed it Up, Slow it Down

Bicara tentang ilmu fisika mengenai gerakan adalah tentang kekuatan (force). Kekuatan dibutuhkan ketika suatu objek bergerak atau ketika ingin mengubah gerakan itu (? >Ga tau lah aku juga ngga ngerti). Perpindahan gerak tidak terjadi dengan sendirinya. Lalu gimana caranya ya mengukur gerakan? Fisikawan menggunakan beberapa peraturan dasar fisika dalam menghitung gerakan. Seberapa cepat sebuah objek berpindah, kelajuan (velocity), bisa dipengaruhi dengan kekuatan. (Walaupun kecepatan dan kelajuan sering dianggap sama, sebenarnya mereka mempunyai arti yang berbeda lho..)

Percepatan juga hal yang bisa kita ketahui dari kelajuan. Percepatan adalah seberapa besar kecepatan sebuah objek berubah dalam satu satuan waktu (biasanya dalam 1 detik). Soalnya, kecepatan itu bisa berubah-ubah setiap waktu. Massa benda juga bagian penting dalam gerakan suatu benda. Massa adalah jumlah suatu objek yang ada, dan diukur dalam gram atau kilogram.

Simple and Complex Movement

Ada dua macam perpindahan yg kita ketahui kalau kita belajar mekanika. Yang pertama itu simple movement, kayak kalau kita berjalan lurus, atau dua objek yang saling berlawanan di satu garis lurus. Simple movement akan membuat objek berpindah dengan kelajuan konstan. Tapi, bisa lebih rumit kalau kecepatan objek turun naik, dimana kekuatan yang berperan disini.

Ada juga complex movement dimana arah objek berubah-ubah. Kayak gerak melingkar, gerak parabola. (disebut kompleks soalnya rumus-rumusnya juga lebih ribet! ya kan?) Buat soal-soal kayak gini, forces masih berperan, tapi arah perpindahan juga penting diperhatikan.

Intinya, agar bisa lebih mengerti bab gerak, kita harus menguasai kekuatan (force), percepatan (percepatan), energi, usaha, dan massa. Semua itu adalah bagian dari mekanika.



JANGAN DULU BENCI FISIKA. Kalau udah belajar mati-matian dan berusaha sampai titik darah penghabisan, cari ilmu kesana-kesini tapi masih ngga bisa fisika juga,, baru deh boleh benci. Hehe.. never give up lah pokoknya, kawan!!!


Teks asli berbahasa Inggris.

Diunduh dari physics4kids.com. dengan beberapa perubahan.

Note:

aku lo yang nerjemahin. Bangga c.

Tapi saya g master

Makanya jngn aneh kalo ada kata-kata yang ganjil. Haha..

4 komentar:

dhila mengatakan...

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh..
lathiffffff..
Subhanallah..
Meni rajin ditranslet..
Sugoiii desuuuuu..
>.<

dhila mengatakan...

Jika hari ini adalah "Hari Mencuri Sedunia" maka aku akan mencuri ilmumu !!! Hehee XD

lathifa nur mengatakan...

@dhila ;

wa'alaikumussalam,,

ha.... alhamdulillah...

saia jg g nyangka bisa trenslet teks inggris.. heu.
^^

Kurochan mengatakan...

Fisika itu menyenangkan.....s